Reformasi, Sebuah Hipotesa Liar!

Menikmati ‘buah’ Reformasi; semua bebas bicara dan berpendapat, semua berpeluang (bisa) jadi pejabat dan naik kelas menengah (hingga kelas premium), semua berhak ini-itu itu-ini, dan lain-lain yang sejenisnya. Pertanyaannya, apakah “buah” tersebut muncul tiba-tiba? Kalau dalam cerita dongeng sudah pasti buah tersebut (bisa) muncul dengan tiba-tiba!

Buah itu kini menjadi ‘bola liar’! Ketika masa Orba garis ‘berlawanan’ itu terlihat vertikal, antara pemerintah dan rakyat. Pasca Orba, garis itu terlihat horizontal antara rakyat dengan rakyat! Inilah fakta era reformasi yang berkembang atas dinamika politik yang mempengaruhi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya.

Dari alinea diatas terdapat dua hipotesis, “Sepertinya kedewasaan era Gusdur hingga Jokowi sedang di uji dalam menyelenggaraan pemerintahan dan negara. Dan sepertinya transisi kebebasan yang dialami masyarakat sedang di uji pula sikap kedewasaannya”.

Semoga hipotesa tersebut berhenti sampai disitu tidak meluas memicu pertanyaan lain, misalnya “mengapa dalam berpolitik selalu terkesan menyisakan dendam, tidak mengedepankan sikap kedewasaan dan kepentingan bangsa? Dan mengapa sesama rakyat sebangsa setanah air selalu (mau) dibenturkan karena urusan elit tertentu atau parpol tertentu atau apapun tertentu lainnya? Dimana kedewasaan dan budaya timur yang kita agung-agungkan? (entah timur yang mana)

Kalau toh harus memunculkan sebuah pertanyaan dalam menyikapi situasi nasional saya lebih memilih menarik ke situasi lain agar tidak terkesan pro atau kontra pada salah satu pihak (entah siapa pihak yang dimaksud?). Misalnya “Apakah reformasi itu sebuah kebenaran (yang kita pilih)? Kalau sebuah kebenaran, apakah sudah tuntas alias reformasi hingga kini sudah selesai? Atau belum tuntas? Atau sebaliknya, reformasi itu sebuah kesalahan besar bagi bangsa ini?

Semoga ini semua hanya dinamika politik biasa, meski faktanya tidak demikian. Dan semoga mahasiswa tetap berada di garda tertengah, sebab sejarah selalu mencatat bahwa mahasiswa adalah harapan terakhir dari setiap situasi politik yang titik titik dan titik titik!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s